Bisnis kuliner tidak akan pernah mati selama manusia masih memerlukan makanan, Bagaimana usaha kuliner melalui Pemanfaatan Tenda Sarnafil Sebagai Warung Tenda

Warung Tenda adalah Tempat menjual makanan yang memanfaatkan tenda sebagai ruang jual dan makan, Ada yang benar menggunakan tenda atau hanya membuat seperti tenda darurat yang lebih dikenal dengan nama Bivak. Dulu keberadaannya cukup banyak dan populer dikalangan masyarakat, namun kini mulai berkurang karena adanya pelarangan berdagang ditrotoar, Tapi masih bisa ditemukan terutama dimalam hari biasanya pada area parkiran yang luas atau jalan masuk perumahan. Ada juga pedagang yang bandel tidak mengikuti aturan dan masih membuka warungnya seperti biasa, Biasanya dilokasi yang agak sepi dan gelap.

Tidak semua Pemerintah Daerah melarang berdagang ditrotoar, Tetapi hanya menertibkan saja sehingga tertata dan terpantau dengan baik. Warung Tenda yang dahulu mungkin dipandang sebelah mata, Kini dapat dijadikan peluang bisnis yang menjanjikan dan pastinya dapat membuka lapangan pekerjaan jika dikelola dan ditata dengan baik. Tidak hanya melibatkan ilmu kuliner tetapi ilmu bisnis dan pengetahuan tentang berjualan online sehingga pembeli tidak perlu datang cukup delivery.

Tenda Gaul Warung Tenda Yang Melegenda

Pada akhir tahun 1990 terjadi krisis moneter berkepanjangan khususnya dinegara ASIA, Banyak orang kehilangan pekerjaannya dan berusaha memutar otak untuk dapat bertahan, Dampak krisis tidak hanya terjadi pada pegawai swasta tapi juga para artis dan penghibur lainnya. Susahnya mencari pekerjaan pada suatu organisasi maupun instansi membuat banyak anak muda membuka usaha bisnis kuliner dengan memanfaatkan tenda. Bisnis kuliner inilah yang menjadi cikal bakal berdirinya Kafe Tenda Semanggi (KTS), Warung Tenda bernuansa kaki lima dikelola dan tertata rapi yang kemudian populer dengan nama Tenda Gaul atau Kafe Gaul.

Tenda Gaul tidak hanya disemarakan oleh kalangan anak muda, Beberapa artis hiburan tanah air juga ikut membuka Warung Tenda mereka, Hal ini dikarenakan sepinya job karena dampak krisis moneter tapi ada juga yang memandang ini sebagai sebuah peluang. Kala itu terjadi kontroversi dikalangan artis, Ada yang mendukung dan tidak. Sayangnya tenda gaul yang dijalankan artis-artis ini tidaklah berlangsung lama, Setelah itu Kafe Tenda Semanggi (KTS) juga mulai redup.

Kafe Tenda Semanggi (KTS) memang menjadi cerita masa lalu yang kini sudah berganti dengan gedung dan perkantoran, Beberapa alumni Tenda Gaul yang masih eksis hingga saat ini seperti Roti Bakar Eddy disekitaran Kebayoran dan Dimsum Festival didaerah Kemang.

Angkringan Semakin Populer

Meninggalkan kisah Kafe Tenda Semanggi (KTS), DKI Jakarta Sekitar tahun 2014 mulai bermunculan pedagang Angkringan yang menjajakan kuliner sederhana ala kaki lima. Mereka berjualan mengunakan gerobak hingga membuka Warung Tenda, Bahkan ada yang hanya menggelar tikar dan terpal tanpa atap. Didaerah Kembang Kerep Jakarta Barat, Tiap malam anak-anak muda berkumpul nongkrong santai hingga menjelang pagi menikmati kuliner Angkringan ini, Mereka bergantian datang berkelompok benar-benar ramai sekali, Dipinggir jalan raya tanpa sekat dan atap dengan penerangan yang minim sekali.

Angkringan Semakin Populer di Ibu Kota dan sekitarnya, Usaha kuliner yang lebih dulu ngetop di Jawa Tengah dan Yogyakarta, Menawarkan jajanan yang kebanyakan minuman hangat serta gorengan bumbu bacem. Ada tempe tahu bacem, usus, ceker, dll, Tentu saja yang paling penomenal Nasi Kucing dan Kopi Jozz.

Nasi Kucing bukanlah nasi bekas kucing atau makanan kucing, melainkan paket nasi bungkus berukuran kecil dengan lauk pauk sederhana yang semuanya serba sedikit, Mungkin kalau untuk kucing, Kenyanglah. Lauk pauk dalam paket ada perbedaan pada setiap penjualnya, ada oseng tempe atau orek tempe ditambah irisan semacam ikan (entah ikan apa) dan sambal, Beda penjual bisa beda rasa dan beda lauk.

Kopi Jozz adalah Seduhan air kopi yang kemudian dicelupkan arang kayu yang masih membara, Ketika dicelupkan keluarlah asap mengebul dan mengeluarkan aroma khas yang cukup unik. Arang yang digunakan biasanya berasal dari kayu buah, Arang dari kayu rambutan dikatakan sebagai yang terbaik, Rasa kopi Jozz cukup pahit bahkan mungkin sangat pahit, Namun beberapa universitas telah melakukan pengujian dan mengatakan Kopi Jozz memiliki khasiat obat, Salah satunya untuk pencegahan dan pengobatan masuk angin.

Kini penjual Angkringan tidak lagi sebanyak dulu, Penertiban area trotoar dan pelarangan berjualan dibahu jalan dari Pemerintah Daerah DKI Jakarta adalah alasannya, Namun dibeberapa tempat masih bisa ditemui dan masih ramai dikunjungi pelanggan.

Pemanfaatan Tenda Sarnafil Sebagai Warung Tenda

Pada Festival Kuliner atau Event besar lainnya, Pemanfaatan Tenda Sarnafil Sebagai Warung Tenda sangat mudah dijumpai, Mulai dari kuliner tradisional hingga kekinian dijajakan, Ada juga yang mencoba keberuntungan dengan menjual kuliner mancanegara. Tidak hanya bisa makan enak tapi bisa kumpul-kumpul ngobrol dan nongkrong bareng menjadikan event-event tersebut selalu dinantikan warga masyarakat. Peserta yang membuka lapak kulinernya juga semakin banyak peminat, Terbukti dari jumlah Sewa Tenda Sarnafil pada layanan jasa KM-Tent (Karangmulya Rental) yang semakin banyak. Warung Tenda tidak bisa lagi dipandang remeh, Banyak usaha kuliner yang sekarang memiliki nama besar berawal dari sini.

Baca Juga: Tenda Sarnafil, Pengenalan Penggunaan dan Ukuran

Tenda Sarnafil cukup ideal jika digunakan sebagai tempat berjualan kuliner apalagi jika lokasi pendiriannya mendukung, Tenda yang berwarna putih akan terkesan bersih dan bahan waterprofnya bebas khawatir air hujan. Jika tenda yang dipasang ukuran besar dapat dijadikan tempat makan lesehan atau menggunakan meja kursi seperti diwarung makan, cafe bahkan resto. Tenda Sarnafil salah satunya memang dirancang sebagai tenda pesta, jadi bisa dipastikan akan memungkinkan sekali jika digunakan sebagai Warung Tenda, Baik bungkus atau makan ditempat.

Pada suatu event, Warung Tenda biasanya akan terpusat disatu lokasi, Karena terpusat disatu lokasi, Dipastikan persaingan akan ketat, Walaupun bisnis kuliner memiliki ketangguhan tidak ada matinya tapi itu usahanya bukan penjualnya. Persaingan tetap akan menjadi masalah tersendiri, Kreatifitas tinggi dan menghadirkan sesuatu yang berbeda bahkan baru mungkin dapat meminimalisir kekalahan, Bahkan jika terus berkreasi kelak tidak lagi berjualan dengan tenda tapi direstoran.

Event VS Sosial Media

Aturan dan larangan PEMDA tentang berjualan ditrotoar dan bahu jalan, Membuat sebagian usahawan kuliner beralih menggunakan Sosial Media, Market Place dan layanan berbasis online lainnya. Banyak juga yang membuka warung makan disekitar rumah atau pada rumah kontrakan, Strategi ini sepertinya cukup baik dan banyak juga yang berhasil. Intinya bisnis kuliner tidak akan pernah mati dan akan terus berkembang, Karena manusia perlu makan dan tidak semua orang bisa mengolah masakan atau tidak memiliki banyak waktu untuk memasak serta mereka yang hanya memerlukan makanan ringan.

Sosial Media dan Market Place sepertinya lebih tepat untuk Pemula dan UMKM yang masih belum mapan, Mereka dapat membangun reputasi melalui jejaring sosial dan mengikuti pameran-pameran (Offline). Sedangkan bagi yang telah mapan layanan delivery online dapat memberikan peningkatan penjualan namun tidak lupa juga untuk membangun reputasi baik melalui media online. Alasan baik menggunakan media online adalah biaya yang dikeluarkan tidaklah sebesar jika mengikuti event offline seperti pameran dan festival.

Baca Juga: Cara Mencari Layanan Rental Tenda Secara Online

Festival Kuliner dan Event adalah salah satu yang paling banyak diminati pengusaha kuliner khususnya yang telah mapan, Banyak juga pemula yang mencoba peruntungan, Maklumlah untuk bisa berjualan pada event-event mereka harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit. Hal baik jika dagangan mereka banyak dibeli pengunjung namun bagaimana jika sebaliknya.

Jika anda memerlukan Layanan Jasa Rental Tenda Sarnafil untuk Warung Tenda, KM-Tent (Karangmulya Rental) merupakan pilihan yang tepat, Berpengalaman lama dan memiliki Tenda Sarnafil yang menggunakan bahan material berkualitas baik. Kunjungi halaman Jasa Rental Tenda Sarnafil untuk informasi lebih lanjut.